Rabu, 07 Desember 2011

Struktur Komputer

  1. Input Device _ Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer.
  2. Output Device _ Perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkn keluaran sebagai hasil pengolahan data,keluaran dapat berupa hard-copy(kertas),soft-copy(monitor) ataupun berupa suara.
  3. I/O Ports _ Digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem,peralatan input & output terhubung melalui ini.
  4. CPU(Central Processing Unit) _ CPU merupakan otak sistem komputer,dan memiliki dua bagian fungsi operasional,yaitu ALU(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data,dan CU(Control Unit)sebagai pengontrol kerja komputer.
  5. Memori _ Memori terbagi menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan eksternal,memori internal berupa RAM(Random Access Memory)yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu,dan ROM(Read Only Memory)memori yang bisa di baca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali di nyalakan.
  6. Data Bus _ Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.Data Bus biasa terdiri atas 8,16,32 atau 64 jalur paralel.
  7. Address Bus _ Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses tranfer data.Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan di tulis atau di baca.Address Bus biasanya terdiri atas 16,20,24 atau 32 jalur paralel.
  8. Control Bus _ Digunakan untuk mengontrol penggunaan akses ke Data Bus dan Address Bus.Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
 Semoga ini dapat menjadi informasi buat anda sekalian,trimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar